Kurupuk RAJA GURIH Karawang

Rabu, 21 September 2011

cara booking tiket air asia

Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
Untuk diketahui, bbrp thn terakhir ini perjalanan saya sangat terbantu dengan adanya tiket promo dan bahkan gratis dari Air Asia, dan kelebihan Air Asia adalah..tiket bisa dibooking 10 bulan sblmnya dan dlm periode2 tertentu dibuka tiket promo yang harganya fantastic bahkan bisa dibilang gratis, contoh.. pd tanggal 12 februari 2009 saya bisa booking tiket untuk penerbangan Kuala Lumpur - Jogjakarta untuk tanggal 25 Nov 2009 dengan harga hanya sekitar Rp 100.000/ orang/ one way. fantastis bukan??

Disini saya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua tentang pemesanan tiket online untuk maskapai Airasia melalui internet. Sebelum melakukan booking online ini, pastikan teman-teman telah mengetahui tujuan kemana teman-teman akan pergi dan budget yang teman-teman sediakan untuk ini semua.

Perlu teman-teman ketahui, dengan adanya booking online ini kita sangat dipermudah dalam merencanakan bahkan memesan tiket pesawat.

Kita tidak perlu lagi datang ke counter maskapai atau ke Travel Agent untuk menanyakan harga tiket untuk perbandingan dan melakukan reservasi tiket.

Dengan booking online ini, kita diberi kemudahaan tanpa harus membuang waktu dan biaya datang ke tempat pemesanan tiket fisik. Selain itu, proses pemesanan melalui internet ini tidak membutuhkan waktu yang lama, paling kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit untuk menyelesaikan seluruh pemesanan kita. Cepat bukan!!

Pertama, kita buka website airasia di www.airasia.com,pilih negara dimana kita tinggal sekarang misalnya: Indonesia dan kemudian pilih Bahasa Indonesia. Setelah itu di sebelah kiri atas ada sebuah bar untuk melakukan reservasi tiket online, yang teman-teman perlu lakukan adalah pilih dan masukan tujuan kemana kita akan terbang, dari bandara keberangkatan (origin) dan di bandara mana kita akan mendarat, dengan dilengkapi tanggal penerbangan serta jumlah penumpangnya.

Langkah kedua, kita akan masuk ke pilihan jadwal penerbangan, disitu ada beberapa jadwal penerbangan dalam satu hari dan harga tiket (sebelum terkena biaya-biaya lain, seperti biaya administrasi, VAT, dll) dan pilihlah penerbangan yang kita kira tepat dan sesuai dengan rencana kita. Setelah kita klik salah satu jadwal penerbangan tadi, disebelah kanan atas secara otomatis akan muncul informasi tentang biaya total perjalanan kita setelah ditambahkan biaya-biaya lain tadi, seperti biaya administrasi, VAT. Pada langkah ketiga kita harus mengisi informasi identitas diri kita pada kolom-kolom yang telah disediakan di website, tentunya pengisian ini harus sesuai dengan identitas kita yang asli. Karena pada saat kita melakukan check in untuk mendapatkan boarding pass kita wajib menunjukan kartu identitas kita tentunya dilengkapi dengan kode booking. Airasia akan menolak apabila nama yang tertera pada e-ticket berbeda dengan identitas yang ditunjukan pada saat check in di Bandara.

Masih di langkah ketiga ini, kita juga bisa mendapatkan layanan express boarding dan layanan bagasi tercatat serta asuransi penerbangan Goinsure Airasia.

Express boarding ini adalah layanan yang diberikan oleh Airasia sebagai Low Cost Carrier dimana penumpang yang menggunakan fasilitas ini akan diberikan kesempatan pertama untuk masuk kedalam kabin pesawat dan memilih tempat duduk yang diinginkan. Untuk mendapatkan layanan ini, penumpang dikenakan biaya sebesar Rp 45.000,- (penerbangan domestik).

Sementara itu untuk layanan bagasi, Air Asia mengenakan tambahan kalau anda mencatat bagasi (masuk kargo), melalui reservasi online ini kita sudah bisa sekalian mencatatkan dengan dikenakan charge sebesar Rp 15.000,- per bagasi, lebih hemat 50% daripada kita mencatat bagasi saat kita check in counter. Seperti yang kita ketahui kenapa Airasia menawarkan fasilitas ini semua, karena boarding pass yang akan kita terima tidak menunjukan nomer tempat duduk, sehingga penumpang dapat duduk dimana saja sesuai kehendak hati.

Dan kenapa perlu melaporkan bagasi tercatat di saat reservasi tiket, karena pada setiap penerbangan Airasia, maskapai ini tidak menyediakan ‘free baggage’ yang biasanya berkisar antara 15 – 20 kg pada maskapai-maskapai lain, dan bagasi dihitung per item bagasi bukan kilogram.

Sedangkan asuransi Goinsure Airasia adalah asuransi dari AIG (American International Group), dengan asuransi ini kita dilindungi dari beberapa ketidaknyamanan dalam penerbangan, seperti terjadinya kecelakan penerbangan, pembatalan penerbangan, keterlambatan penerbangan serta keamanan bagasi. Kita akan mendapatkan “ganti rugi” dari ketidaknyamanan tadi, tetapi tentunya yang diharapakan dari seluruh penerbangan adalah kenyamanan dan keselamatan.

Perlu diperhatikan, apabila kita tidak membutuhkan layanan Express Boarding dan Airasia Goinsure, kita bisa mengesampingkannnya dengan tidak mencontreng layanan ini. Dan apabila kita tidak membawa bagasi saat penerbangan kita, kita rubah tulisan ‘bagasi’ menjadi ‘tidak ada bagasi’.

Setelah mengisi dengan lengkap dan benar, kita akan dibawa kelangkah keempat, dimana langkah ini adalah langkah yang paling penting dan riskan. Kita harus memastikan bahwa kita sudah tepat memilih jadwal penerbangan dan setuju dengan seluruh syarat dan ketentuannya, tak kalah penting kita harus memastikan koneksi jaringan internet kita agar proses pembayaran tidak mengalami kegagalan. Ada beberapa cara pembayaran pada booking online di Airasia ini, kita bisa menggunakan kartu kredit, direct debit maupun e-gift voucher.

Untuk pembayaran dengan Direct Debit sampai dengan saat ini (untuk wilayah Indonesia) hanya bisa dilayani oleh Bank Mandiri dan dilakukan oleh nasabah Bank Mandiri yang telah tergabung dengan layanan internet banking mandiri. Apabila anda menggunakan fasilitas direct debit ini seperti saya, pastikan bahwa kita telah mengaktifkan kartu debit mandiri kita di toolbar Administrasi --> Authorized Payment pada halaman internet banking kita dan telah memiliki token mandiri fisik sebagai salah satu syarat perlu transaksi-transaksi di Internet Banking Mandiri.

Sebagai tambahan informasi, E-Gift Voucher yang saya tahu adalah voucher yang diberikan oleh Airasia kepada para penumpang atas masalah-masalah seperti keterlambatan penerbangan lebih dari 2 jam. Secara otomatis, penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan tersebut akan mendapat E-Gift Voucher sebesar Rp 500.000,- yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan tiket kembali dalam jangka waktu 3 bulan dengan jumlah E-Gift Voucher tadi.

Dan Sampailah kita pada langkah terakhir, last but not least, atau orang Jawa bilang paling keri tapi ya ora kalah pentinge setelah langkah pembayaran berhasil kita akan mendapatkan email konfirmasi dan nomor booking dan pernyataan bahwa pembayaran kita telah dikonfirmasi. Simpan nomor booking itu untuk keperluan check in di Airport dan selamat terbang!!!

NB: Saya sarankan anda mendaftar menjadi member air asia (gratis) melalui http://www.airasia.com/

apa keuntungannya:
- Anda dapat memantau reservasi2 tiket anda yg sudah dibooking dengan mengklik Manage My Booking
- Info2 harga promo lgs dikirim ke email anda..jd anda langsung tau kalau ada promo tiket murah, krn air asia biasanya hanya memberikan kesempatan waktu booking untuk tiket promo hanya sekitar 3 - 4 saja hari dari saat ditetapkan, walau tanggal terbangnya masih bbrp bulan lagi.

Masih bingung?... saya siap membantu

(artikel dari: http://erickfebryan.blogspot.com/2008/12/disini-saya-akan-berbagi-pengalaman.html ; dengan berbagai penambahan dan pengurangan text)
over a year ago · Report
Mi Mothemothe
mas emang airasia bisa booking dl, bukannya harus lasngsung pembayaran?klo pun bs booking n udah jadi member gmn cara?thx
over a year ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
wah mbak..maap sekali dikit banget postingnya jadi ngga keliatan. mudah2an blm kadaluarsa ya. untuk airasia memang booking harus langsung bayar mbak, cuman ada periode2 tertentu yang harganya murah banget (kadang ngga realistis) untuk terbang 6 - 8 bulan ke depan, cuman tetep harus dibayar pada saat booking hari itu juga. contoh tahun 2009 bln februari tanggal 1 saya liat info dari email airasia kalo ada penerbangan murah ke jogja periode Oktober - November 2009, tapi harus dibayar sebelum tanggal 3 februari.ya kalau saya mau, tetep harus bayar sblm tgl 3 februari itu mbak, kalau lbh dari 3 februari mungkin harganya dah lain
over a year ago · Report
Nanda Giftanina
halo mas fauzan, saya mau minta informasinya nih berkaitan dengan topik diskusi ini, seminggu yang lalu saya berhasil booking online tiket air asia JOG - KLCC one way tiket karena emang belum jelas tanggal kepulangan saya dari KL. Kemudian hari ini saya mencoba untuk booking return tiket KLCC-JOG tapi mengalami kendala di masalah pembayarannya karena air asia cuman menyediakan pembayaran dengan mata uang ringgit, dan dollar jadi ga bisa bayar pake rupiah, saya sudah mencoba meneruskan sampai tahap pembayaran dengan debit dan benar dugaan saya, pilihan bank yang keluar semua bank malaysia, jadi bank mandiri ga ada otomatis saya jadi ga bisa meneruskan transaksi. Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar bisa tetep bayar dengan mata uang rupiah melalui debit mandiri. Saya tunggu jawabannya mas

regards

nina
over a year ago · Report
Dina Sari Siregar
wah, kebetulan sekali ada postngan ini

mudah2an pertanyaan saya bisa dijawab ya, mas..

dulu, kalo saya mau beli tiket airasia online, saya selalu bayar pake katu kredit, transaksi nya cukup mudah dan selalu berhasil, tapi krn kartu kredit itu punya ibu saya, jadi ga bisa saya gunakan terus2an utk transaksi di airasia.

nah, sekarang saya memutuskan utk mulai memanfaatkan kartu debit mandiri saya, tapi setiap kali sampai pada tahap pembayaran dgn debit mandiri, selalu gagal, alhasil saya ga pernah bisa beli tiket airaisa online, pdhl saya cuma bisa bayar pake mandiri debit itu.
untuk informasi, saya sudah mendaftar di internet banking dan sudah melakukan authorized payment, setiap saya bertransaksi di mandiri, selalu berhasil, tp knp kalau bertransaksi di airasia, selalu gagal???
pdhl kan lbh murah kalau beli online...

saya pernah tanya ke mandiri, apa mandiri tidak melayani lagi pembelian tiket online di airasia? tp petugasnya bilang "masih kok", terus kira2 kenapa ya mas saya selalu gagal?

mudah2an mas fauzan bisa membantu saya..
terima kasih sebelumnya
over a year ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
Pertama kali saya akan menjawab pertanyaan mbak Nanda, walaupun dah pasti telat banget nichhh..:
- Untuk pembayaran tiket air asia dengan kartu debit, mnrt pengalaman saya hanya bisa dilakukan dengan bank yang ada di negara tempat keberangkatan.
Contoh: Penerbangan London - Kuala Lumpur. berarti yang berlaku hanya menggunakan bank2 yang ada di UK.

Memang tidak ada cara lain selain menggunakan credit card.
over a year ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
Mbak Dina:

Sblmnya saya ingin menginformasikan kalo pembayaran dengan Kartu debit..harus rutenya berawal dari Indonesia. jadi tidak bisa kalo mbak buking tiket misalnya SINGAPORE - JAKARTA pake kartu debit. Walaupun di Air Asia sudah keluar fasilitas itu, tapi pernah saya coba blm bisa. mungkin ke depannya mudah2an air asia bisa mengupgradenya.

Nah mengenai keberhasilan transaksi dengan kartu debit memang hanya 90% mbak..banyak mcm2 kendala. harus dicoba berkali2.



over a year ago · Report
Dina Sari Siregar
oo, begitu ya, mas..

baiklah, terima kasih atas info nya..
sbg tambahan, baru2 ini saya ke counter nya airasia, kata petugas di sana, justru sekarang udah gak bisa lagi beli tiket online AA pake debit mandiri...
over a year ago · Report
Rio Mako
mas, klo yg berada di luar indo (KL) mau ke Jakarta gimana?
about 10 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
attn : MR RIO

gak ada masalah mas...beli online dari mana aja bisa. tapi kalo rutenya dari KL tdk bisa bayar pake mandiri/bca..tapi bank2 yg ada di malaysia atau pakai credit card..trims
about 10 months ago · Report
Muhammad Adam Nugroho
mas..sy br aja selsai proses pembayaran dengan status terkonfirmasi..selanjutnya apa?
about 6 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
itu dah confirm mas..biasanya tiket kemudian akan diemail
about 6 months ago · Report
Muhammad Adam Nugroho
ok dah dpt..tinggal print ya pak?
about 6 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
iya mas...btw rencana ke mana nih? kalau ke Singapore, Malaysia, Thailand, Vietnam, China kami bisa arrange hotel + transport + tournya lho....
about 6 months ago · Report
Eli Ermawati
mas saya mau tanya kalau sudah terkonfirmasi tiket air asianya kita dapat tiketnya berupa pdf or booking confirmation aja..tolong dijawab ya mas..terima kasih :)
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
iya betul mbak...nanti waktu check in cuma menunjukan pasport dan kode booking juga bisa
about 4 months ago · Report
Eli Ermawati
berarti kita hanya dapat kode booking aja ya mas....hanya kode booking beserta pasport ya mas..terima kasih atas jawabannya :)
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
iya mbak..dan air asia sekarang tiket bisa dicek in via website kok..1 hari sblmnya. jadi sampe ke airport ngga usah cek in lagi kalau ngga bawa bagasi. klo bawa bagasi cuma drop bagasi aja
about 4 months ago · Report
Eli Ermawati
terima kasih mas ata infonya.
about 4 months ago · Report
Eli Ermawati
mas aku mau tanya kalau kita beli tiket kepulangan di negara tujuan itu kena fiskal ga yach?
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
sama sekali enggak mbak..fiskal hanya indonesia aja yg punya, itupun skg sudah dihapus
about 4 months ago · Report
Tribute Tee
NAH ni dia nih....
mas mau nanya nih ...
aku dah member di air asia online.
nah udah booking juga nih mau jalan bareng temen ber-9.

Pas sampe selesai pemesanan, trus masukin ID klikbca ... habis itu ngga ada kelanjutannya ???
nah gimana cara bayarnya mas ???

mohon petunjuknya dengan sangat ...

Makasih sebelumnya :)
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
sblmnya salam kenal mbak

untuk pembayaran dengan klik bca memang begitu. jadi air asia cuma minta user id bca aja trus mereka suruh kita selesaikan sendiri pembayaran via klikbca

jadi klo mbak udah masukin id itu..otomatis klo mbak buka klikbca ada keluar notification kalau ada payment pending..jadi tinggal di OK in aja.

nanti otomatis air asianya confirm.

tp harap ingat mbak..simpan kode booking dan bukti pembayarannya. just in case..systemnya eror..jd kita udah bayar tp tiketnya belum confirm juga

rentang waktu nya mulai dari mbak masukin user id, air asia ngasih waktu 2 jam..jadi dlm 2 jam itu notification di klik bca akan tersimpan. lebih dari itu akan hilang sendiri dan reservasi dianggap batal..harus dibooking ulang dengan harga yang kemungkinan juga akan jadi lain...
about 4 months ago · Report
Tribute Tee
akhirnya dah terbayar dan terkonfirmasi :D ...
saya Mas (cowok) hehee...

trus proses selanjutnya kita ambil tiket ke Air Asianya ya mas ?
atau nanti nunggu dihubungi atau seperti apa ?
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
oh sori mas :)

kalau udah selesai pembayaran..biasanya air asia akan kirim email electronic ticketnya

atau mas bisa cek via menu: Manage My Booking.. tp dengan kondisi sbb:

- kalau pada waktu bookingnya mas log in pake user id, semua konfirmasi akan disimpan dalam account nya mas tsb..dan ngeceknya gampang..tinggal log in trus liat di menu "manage my booking"..semua ada disitu

- kalau pada waktu bookingnya mas ngga log in, tetep bisa liat status bookingnya tp harus masukin kode booking, tanggal keberangkatan, dll

oya mas..ngomong2 mau travel kemana nih..utk urusan paket, hotel, transport, serahkan kami ahlinya untuk kawasan Asean dan Asia (selain timur tengah)

:)

about 4 months ago · Report
Tribute Tee
iya tadi log in nya dah pake member.

mo main ke KL lanjut ke SIN ..
yah, kebetulan semua sudah diurusin sama temen disana mas ...

mungkin next time ... pas planning sama keluarga. tapi awal taun hehehee...
about 4 months ago · Report
Fauzan Mbahjoyo WisnuAji
sipp mas..pokoknya anytime perlu bantuan ..i am ready..hehehe

have a nice journey!
about 4 months ago · Report
Tribute Tee
mantap mas ... makasih :)
about 4 months ago · Report
Mas Didik
Liat di webnya Air Asia bisa bayar via atm permata/bni. Tapi pas nyoba booking kok gak ada pilihannya ya? Terima kasih atas jawabannya..
about 3 months ago · Report
Lukman Zhena Nuryana
numpan tny nih, ga pny kartu kredit, pgn book tiket pesawat pkae krt kredit kk/sodara, bisakah ? atau ada cara lain ? trims
about 3 months ago · Report

3 komentar:

  1. maya
    mas, mw nnya.. tadi saya pesan tiket online pke krtu kredit.. wktu pmbyrn berhasil tp sttus msh pending dan no booking tidak keluar. gmna tu ya mas?

    BalasHapus
  2. Mas, sy udh booking tiket airasia pp jogja-singapore dan udh dikonfirmasi lewat email dan ada kode booking, tp kok e-tiket tidak dikirim lwt email ya? Trs sy coba buka manage my booking tp ga bisa masuk pdhl sy udh member airasia...gmn itu mas? Sy bisa cetak tiket dari mana?makasih jawabannya...sy baru pertama kali booking lewat online. Tolong dijawab ya mas..makasih.

    BalasHapus
  3. Paling enak boking lewat aplikasi traveloka,sistem pembayaran dan mata uang yg lengkap termasuk rupiah plus tanpa ada pembayaran tersembunyi dibelakang

    BalasHapus