Kurupuk RAJA GURIH Karawang

Sabtu, 17 September 2011

Neval By Rio

[indobackpacker] (SHARE) Nepal Travel info 2010

Rio Indrawan
Mon, 01 Mar 2010 17:40:54 -0800

Nepal travel report 2010 (as per January 2010)
- Saya pergi ke Nepal sendirian, secara budget backpacking dengan
melalui jalan darat (kereta api) dari India (Kolkata) à cara termurah pergi ke
Nepal adalah melalui jalan darat dari India, kecuali anda mendapat tiket promo
direct flight dari Singapore/Bangkok ke Kathamdu.

- Air Asia menawarkan budget flight dari KL-Kolkata (harga bisa dicek
di website dan untuk promo saya mendapatkan harga tiket +- Rp 900,000 untuk
KL-Kolkata-KL)


- Untuk penerbangan direct ke Kathmandu, yang terdekat dari Jakarta
adalah
1. Silk Air -> Singapore-Kathmandu (harga normal skitar 700 SGD return)
2. Thai Airways àBangkok-Kathmandu (harga bisa dicek di websitenya) tapi
hampir sama dengan Silk Air

- Untuk masuk ke Nepal melalui India dan kluar dari Nepal juga melalui
India, anda memerlukan visa double/multi entry India ( tidak ada VOA untuk
India, harus diproses di Embassy of India di Jakarta)

- Visa Nepal bisa didapat on arrival di border , harga visa USD 25
untuk 15 hari, juga tersedia untuk 30 dan 60 hari (harga lebih mahal)

- Border India-Nepal ada 5 :
1. Raxaul-Birgunj = paling dekat dari Kolkatta (15 jam), dari sana bisa naik
bus (10 jam) atau jeep (6 jam) ke Kathmandu; tidak populer, waktu saya kesana
saya adalah satu2nya turis yang lewat border ini selama seminggu terakhir.
Perjalanan naik jeep sangat spektakuler karena kita melewati jalur yang
panoramic Tribhuvan Highway yang tidak bisa dilewati bus.
2. Sunauli-Bhairawa = paling dekat dari Varanasi (11 jam), dari sana bisa
naik bus ke Kathmandu, border ini juga dekat dengan Lumbini (2 jam), tempat
kelahiran Sang Buddha, world heritage site di Nepal à border ini adalah yang
terpopuler dan tersibuk dengan banyaknya turis
3. Siliguri-Kakarbhitta = paling dekat dengan Darjeeling/Sikkim
4. Banbassa-Mahendrenagar =terletak di sisi barat Nepal, terdekat dengan
Delhi
5. Bahraich-Nepalganj = terdekat dengan Luckynow, yang bisa ditempuh dengan
pesawat dari Delhi (Delhi-Luckynow)

1. How to Enter Nepal

- Saya menggunakan kereta Mithila Express (3021) dari Howrah Station,
Kolkata ke Raxaul, berangkat jam 15.45 dan tiba keesokan harinya pukul 9.00
Train : 3 AC Sleeper, 735 INR (bisa dibook di www.irctc.co.in)

Note : 1 INR = Rp 205,-

Dari Raxaul station, saya menggunakan cycle rickshaw (becak) ke India dan Nepal
border, saya seharusnya hanya membayar 50 INR tetapi saya kena scam, dimana
tukang becak meminta tambahan 50 INR lagi dengan alasan dia menunggu saya di
imigrasi India dan Nepal hampir ½ jam (yang mana saya tidak minta) dan dia
berbohong lagi dengan mengatakan akan mengantar saya ke terminal bus akan
tetapi malah membawa saya ke travel agent yang menjual tiket jeep ke Kathmandu,
In India you must be prepared for being scammed everytime, never believe anyone
!!
harga tiket jeep = 350 INR , meski akhirnya saya bersyukur karena dengan
mengambil jeep yang lebih mahal sedikit, saya bisa menghemat waktu , dengan
jip menuju Kathmandu hanya 6 jam (dengan bus 10 jam), dan bisa melihat
pemandangan spektakuler sepanjang Tribuhan Highway yang mana jalan ini tidak
bisa dilewati bus.

- Bagi yang melalui boder Raxaul-Birgunj, disarankan menggunakan
advance visa (bisa diproses secara mudah di konsulat Nepal di Singapura),
karena disana petugas imigrasinya korup !! petugas imigrasi di imigrasi dan
imigrasi Nepal meminta 100 Rs untuk stamp, tapi saya tolak dengan mengatakan,
no money for stamp unless you can give me receipt and show the written rules ,
selalu katakana NO pada praktek korupsi karena akan membuat traveler lain harus
membayar yang tidak semestinya

2. Masalah Uang

- Mata uang di Nepal adalah Nepalese Rupee (NPR) dengan rate 1 USD =75
NPR, 1 NPR = Rp 125,-
- Di border bisa menukar uang India (INR) dan USD di money changer
atau di travel agent
- Di dalam Nepal, uang India pecahan 500 INR sering tidak diterima
- ATM tersebar di kota2 besar Nepal (Kathmandu,Pokhara)

3. Itinerary

Rata2 orang pergi ke Nepal untuk melakukan wisata alam (trekking ke gunung,
hutan atau rafting) tapi saya memilih melakukan light travel di Nepal dengan
alasan :
a. Saya hanya punya waktu sedikit di Nepal ( hanya 2 minggu, yang mana
terlalu pendek untuk trekking)
b. Bulan Desember adalah winter di Nepal, di Kathmandu dan Pokhara sendiri
suhu sudah cukup dingin, 5 derajat celcius, kebetulan saya tidak membawa
peralatan seperti jaket thermal, sleeping bag (bisa dibeli di Thamel/Pokhara
dengan harga relative lebih murah, disana banyak terdapat North Face palsu, dll)
c. Untuk trekking perlu disediakan budget lebih jika kita hendak menyewa
budget dan porter, serta trekking permit (kebetulan saya travel dengan budget
sangat2 terbatas)
d. Dan yang terpenting, rasanya saya ga punya tenaga extra untuk trekking
selama 1-3 minggu..hehehe

Bagi yang tidak mau trekking seperti saya , Nepal banyak menawarkan wisata
budaya, sosiologis antropologis, cultural karena Nepal adalah Negara yang
sangat dinamik dan beragam. Selain itu jika kita ingin melihat Himalaya dari
jarak cukup dekat kita tidak perlu pergi ke Annapura base camp atau Everest
Base camp , kita bisa melihat dari kota Nagarkot atau Sarangkot
Itinerary yang saya lakukan di Nepal :
1. Kathmandu-Kathmandu Valley = saya menikmati kota Kathmandu dan
kehiruk-pikukannya, backpacker getto di Thamel dan pergi ke 7 situs warisan
dunia di Kathmandu valley

Kathmandu/Kathmandu Valley sendiri merupakan situs warisan dunia/world heritage
sites, ada 7 tempat di Kathmandu Valley yang menjadi bagian dari WHS yaitu :

Durbar Square / Bekas Kompleks Istana Kerajaan Nepal
1. Kathmandu Durbar Square = bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari Thamel
Entrance fee = 250 NPR, bisa dihindari dengan kesana pada pagi hari (ticket
office dibuka sesudah pkl 9.00)atau melalui jalan pasar

2. Patan Durbar Square = bisa ditempuh dengan naik minibus dari Ratna Bus
terminal
Entrance fee = 250 NPR , saya kebetulan masuk tidak terlihat oleh petugas
tetapi ketika didalam saya ditanya mana tiketnya dan saya hanya bilang, “oh
perlu tiket ya” hehehehe dan kabuuur setelah 4 jam berada di dalam

3. Bhaktapur Durbar Square = bisa ditempuh dengan naik minibus dari sekitar
Kantipath
Entrance fee = 750 NPR/10 USD !!!! , saya sengaja kesana pagi hari sekali
(pukul 7.00) untuk menghindari tiket masuk yang gila2an, dan berhasil, tiket
office blum buka, tetapi pada saat kluar kira2 4 jam kemudian saya ditanya
tiket mana oleh petugas dan saya cukup bilang “oh saya tidak mau kesini, saya
mau ke Changu Narayan…hehehe berhasil lagi)

4. Bodhnath Stupa = bisa ditempuh dengan naik minibus dari Ratna bus
terminal, entrance fee = 100 NPR (kali ini saya bayar), tempat ini sangat
magical, bisa dilihat stupa terbesar di Nepal, situs ini juga merupakan tempat
suci kaum Budha Tibet.

5. Pashupatinath Temple = bisa ditempuh dengan berjalan kaki +- 2km dari
Bodnath, entrance fee = 500 INR (tapi saya masuk lewat pintu belakang dekat
dengan deer park sehingga tidak ada yang menagih). Tempat ini adalah kuil suci
umat Hindhu di Nepal, disini terdapat kuil Pashupati yang hanya khusus untuk
umat Hindu, juga terdapat sungai tempat pembuangan/pembakaran mayat.Tempatnya
sangat sacral.

6. Changu Narayan = temple Hindhu tertua di Nepal, terdapat ukiran2 batu
tertua di Nepal, entrance fee = 100 INR, bisa ditempuh dengan naik minibus
dengan nyegat dari junction Bhaktapur-Changu Narayan road, siap2 untuk didedet2
ala sarden dan diaduk2 ala adonan kue.

7. Swayambunath = Budha temple, tempat yang nuansanya unik karena kita
berbagi temple dengan monyet2, entrance fee= 100 INR , bisa ditempuh dengan
naik minibus dari ratna park dengan jurusan Swayambu.

2. Pokhara/Sarangkot
Yang bisa dilakukan di Pokhara adalah
- Menikmati danau Phewa Tal, dengan mendayung sendiri atau
dengan menggunakan boat driver (dayung sendiri = 600 NPR sehari, dengan boat
driver 250 NPR per jam)
- Short trekking ke titik tertinggi Pokhara ke World Peace
Pagoda, amazing view of Pokhara dan danau Phewa Tal
- Menikmati pemandangan magical pegunungan Annapurna
(Machapuchre) dari Sarangkot (taksi ke Sarangkot PP = 600 NPR)

Bagaimana menuju ke Pokhara : cara termurah dan terenak adalah naik morning
tourist bus dari Kathmandhu ( +- 600 NPR)

3. Lumbini

Lumbini adalah tempat kelahiran Sang Buddha dan merupakan tempat ziarah para
umat Buddha, untuk menuju kesana bisa naik bus dari Pokhara ke Bhairawa sambung
bus lagi ke Lumbini.

Disana terdapat point kelahiran sang Buddha&juga temple2 Buddha berbagai
Negara(China,Myanmar,Thailand,Korea,Jepang,dll).

Dari Lumbini kemudian saya keluar ke India melalui border Sunauli yang kira2 1
jam dari Lumbini. Dari Sunauli kita bisa naik bus/jeep ke Gorakhpur untuk
mengambil kereta malam ke Varanasi (Ganges river)

4. Penginapan
Di Nepal, guesthouse sangat terjangkau harganya berkisar antara 300-500 NPR ,
sangat banyak pilihan di Kathmandu,Bhaktapur,Nagarkot (disini sedikit lebih
mahal antara 500-700 NPR),Pokhara dan Lumbini (bahkan di Lumbini kita bisa
menginap di KOREAN Temple )
5. Bagaimana bepergian antar kota ?
Untuk bepergian dalam kota Nepal bisa menggunakan pesawat dan bus; bus adalah
alternatif termurah. Untuk bus sendiri ada 2 kelas yaitu turis bus dan local
bus. Jika ingin kenyamanan naik turis bus, karena jadwal yang teratur dan tidak
berdesak2an
Rata2 tiap hotel bisa membantu kita memesan tiket tourist Bus, ini lebih mudah
dibanding kita harus pergi sendiri ke terminal untuk membeli tiket (tidak ada
yang bisa berbahasa Inggris, perlu ongkos untuk bolak balik ke Stasiun)
Rute tourist bus meliputi tiga segitiga turis Nepal ke :
Kathmandu-Pokhara-Chitwan
Note : dari Pokhara ke CHitwan hanya ada satu bus turis super eksekutif Green
Travel (kalau ga salah 18 USD )
Kalau ada travel agent/hotel menawarkan turis bus direct dari Nepal ke India,
bisa hampir dipastikan itu adalah scam, karena tidak ada direct bus dan kita
harus ganti bus India di Sunauli
Untuk pergi ke tempat2 di Kathmandu Valley, bisa menggunakan minibus/angkot
dari Kathmandu (Ratna Park) atau Bhaktapur (untuk tujuan : Changu Narayan dan
Nagarkot )
6. Makanan
- Harga makanan di Nepal berkisar 300-500 NPR untuk 1 porsi dhal bhat nasi
dengan kari daging (ayam atau kambing) dengan sayur ; makanan di Nepal serupa
dengan India-
Alternative lain untuk makanan di Nepal adalah Tibetan food (mie goring,mie
kuah dan bapau)
Air mineral per botol = 300 K
7.Komunikasi (HP dan Internet)
- Di Nepal, ada roaming international dan banyak operator selular
- Warung Internet tersebar di Nepal, rata2 50-100 NPR/jam dengan koneksi yang
lumayan cepat

8.Keamanan

Dari India menuju Nepal , jujur saja seperti dari “Neraka” ke “Surga”, orang2
lebih ramah,tidak terlalu “pushy” dan kasar. NEPAL, Never Ending Peace And
Love is true. Disini rata2 orang jujur dan tidak menipu tapi sekali lagi, tetap
waspada dan jangan pernah “ignorant”…..kejahatan terjadi bukan ada niat tapi
ada kesempatan..hehehehe


Thanks,

Rio

1 komentar: